Mengapa Aku Sering Melihat Hantu?

Mengapa aku sering melihat hantu? Pertanyaan yang sering muncul dipikiranku dan beberapa pertanyaan yang sering di ajukan oleh teman atau pembaca setia pengalamanseram.com. aku sendiri hingga saat ini tidak mengerti mengapa aku sering melihat hantu.

Sebelumnya hidupku biasa-biasa saja dan belum pernah melihat seperti apa sosok hantu itu. Aku sering mendengar orang berbicara kalau di suatu tempat sangat angker. Namun ketika aku datang ke tempat itu, aku merasa biasa saja dan tidak ada yang aneh.

Namun ketika aku menginjakkan kaki di perusahaanku sekarang, semua berubah 180 derajat. Hampir setiap hari aku melihat dengan mataku sendiri berbagai rupa sosok mahluk gaib. Jika dulu orang sering sering berbicara tempat angker namun biasa saja bagiku saat datang ke tempat itu. Kini walaupun orang berkata tidak angker, namun aku dapat melihat sosok hantu-hantu di tempat itu yang sangat menyeramkan.

Aku tidak pernah berharap hidupku penuh dengan cerita horor, cerita mistis, atau pun cerita hantu yang kejadiannya aku alami sendiri. Namun pertanyaan mengapa aku sering melihat hantu? Membuatku untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi dengan diriku saat ini.

Beberapa bulan yang lalu aku tak sengaja berkenalan dengan om Herman. Kebetulan om herman ini adalah paman dari temanku, dan ia merupakan orang yang spesial. Spesial maksudku adalah ia memiliki kemampuan diluar orang normal lainnya. Mungkin bisa disebut indigo, dukun, paranormal atau apa pun aku juga tidak tahu.

Ia sering diminta tolong oleh tetangga atau orang jauh yang tidak ia kenal untuk membantu mereka secara “gaib” (you know what I mean). Walaupun ia sering membantu orang yang bermasalah dengan urusan gaib, om herman adalah seorang pedagang biasa. Ia tidak membuka praktek perdukunan dan sejenisnya.

Waktu itu aku sedang bermain ke rumah kawanku, kebetulan om herman sedang ada di rumahnya. Karena kawanku itu ingin mengantar kakanya ke supermarket sebentar maka om herman menemaniku mengobrol. Awalnya kami hanya mengobrol biasa, dimana om herman bertanya tentang pekerjaannku. Namun ternyata ia melihat sesuatu dalam diriku.

“Di kantor sering ketemu setan ya?” tanya om herman dengan tiba-tiba. Sejenak aku terdiam melongo dan bergumam dalam hati “kok..kok bisa tahu ya”. “setan apa aja?” sambung om herman. “eh..kok tahu om?” tanyaku. “Kelihatan kok dari aura kamu” jawab om herman. “huft” aku makin melongo. Kalau saat itu di kartun mungkin ekspresiku saat itu adalah mata melotot ke luar dan mulut menganga hingga ke lantai. “what’s the hell going on here..he is amazing” aku bergumam dalam hati karena takjub.

“Memangnya ada apa dengan aura saya om?” tanyaku dengan sopan. “menurut penerawanganku kamu gak cocok kerja di air, kamu cocoknya kerja di rawa” jawab om herman. “kok jadi primbon? Kalau mau info lain ketik reg kirim kemana ya?” gumamku dalam hati. ”hahaha..gak kok om cuma bercanda” sambung om herman yang melihatku melongo. “Merah..buntung..kakek keriput…hantu item buluan dekil mirip genderuwo..tuyul negro…datanglah..help me to kill him”  gumamku dalam hati seperti membaca mantra untuk mencari bantuan. Walaupun aku takut dengan mereka (baca pengalamanku di cerita-cerita sebelumnya), tapi kali ini aku butuh bantuan mereka untuk mencekik om herman. Aku saat itu takjub dengan om herman namun agak gendok dikerjaain saat sudah percaya dengan  serius.

“Gak usah bengong gitu, om cuma bercanda kok. Tapi kamu sering melihat mereka? ujar om herman. “hampir setiap hari sih om” jawabku sambil menerka apakah bakal dikerjain lagi. “iya kebetulan om bisa juga melihat hal seperti itu dan bisa tahu juga orang-orang yang bisa lihat” ujar om herman. “jadi saya bisa melihat hal seperti itu ya om?” tanyaku dengan dengan perasaan tidak percaya. “eemm..kamu bisa gak bisa sih sebenarnya” jawab om herman.

“Maksudnya bagaimana om?” tanyaku penasaran. “kamu kadang-kadang bisa melihat kadang-kadang tidak bisa” jawab om herman. Aku menggaruk kepalaku karena bingung, aneh dan tidak mengerti apa yang sedang kami bicarakan ini. “gak usah stress gitu, oke om jelasin” ujar om herman yang melihatku wajahku bingung seperti seperti tikus keracunan terasi.

“Kamu memang tidak bisa melihat hal-hal gaib, tapi  ada sosok yang sangat kuat di kantormu. Ia bisa menampakan dirinya ke siapapun, sebenarnya sih gak masalah kalau dia menampakan diri. Tapi sosok itu memiliki kekuatan yang dapat mempengaruhi aura orang-orang yang sering melihatnya. Karena kamu sering melihat dia, secara tidak langsung memberikan kemampuan kamu untuk melihat mahluk-mahluk gaib lainnya” ujar om herman menjelaskan.

“Jadi ini toh sumber masalahnya kenapa aku sering melihat sosok menyeramkan di luar kantor yang orang lain tidak bisa melihatnya” gumamku dalam hati. “Tapi itu masih belum teratur atau terkontrol” ujar om herman. “maksudnya bagaimana om?” tanyaku makin penasaran. “iya, kemampuan kamu melihat setan itu datang tiba-tiba, kadang bisa ya kadang juga gak bisa” jawab om herman. “kalau kamu mau punya kemampuan meilhat mahluk gaib om bisa bantu” tambah om herman. “gak om makasih, kalau bisa tolong bantu dihilangkan” ujarku berharap. “bisa saja, tapi kalau kamu masih di kantor sekarang akan sulit, karena sosok itu bisa menampakan dirinya lagi dan bisa memberikan efek seperti ini lagi” ujar om herman.

“Jadi saya harus gimana om?” tanyaku. “gak gimana-gimana, nikmati aja. Mungkin itu berkah buat kamu” jawab om herman sambil menyeruput kopi hitamnya. Pikiranku mulai kacau mendengar ucapannya, apakah setelah menyeruput kopi itu dia langsung menyemburku seperti dukun-dukun di sinetron? Hanya dia dan Tuhan yang tahu. Aku terdiam memikirkan nasibku, mengapa hidupku seperti ini.

“Sekarang kamu masih normal, kamu gak lihat sesuatu di samping om kan?” tanya om herman sambil nyengir bak nenek sihir. “saya lihat lalat om di samping lagi hinggap di jendela” ujarku sambil memperhatikan sepasang lalat itu yang sedang kawin. “Ehh bukan itu, kamu bisa merangsang ya cuma lihat lalat kawin? hahahaha” ujar om herman sambil tertawa. “tembok dibedakin aja saya doyan kok om” ujarku sambil cemberut.

Tak lama terdengar suara motor temanku yang datang, “tuh si andi udah datang, om ke belakang dulu ya” ujar om herman sambil berdiri membawa kopinya. “oh iya om” jawabku sambil melihat om herman berjalan ke belakang. Saat sedang berjalan itu tiba-tiba aku melihat sosok wanita menggunakan konde, dengan pakaian kebaya seperti kegiatan hari kartini. Sosok itu melihatku dan tersenyum.

Aku baru mengerti apa yang dimaksud oleh om herman dengan kadang bisa dan kadang tidak bisa. Mungkin ini berkah bagiku, sebuah kemampuan yang mungkin tidak semua orang memiliki. Walaupun obrolan kami sangat singkat, namun aku dapat mengerti apa yang sedang terjadi pada diriku. Setidaknya aku dapat menjawab pertanyaan mengapa aku sering melihat hantu? Pertanyaan yang terus terngiang di telinga dan berputar di pikiranku.

4 comments

  1. Tolong dong tanyakan ke om herman, gimana caranya aku bisa ngeliat makhluk ghaib semacamnya gitu…

  2. kalau boleh saran sih akan lebih baik jika tidak bisa melihat mereka, hidup jadi cenderung tidak tenang. Lebih tenang menjadi orang normal.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.